Tutorial crud Laravel Livewire versi 2 bahasa indonesia part #1 Install dan Persiapan

 

Tutorial Laravel Livewire untuk pemula bahasa indonesia

TUTORIAL CRUD LARAVEL LIVEWIRE VERSI 2 BAHASA INDONESIA #1 , PERSIAPAN DAN INSTALL

Apa itu Laravel Livewire ?

Livewire is a full-stack framework for Laravel that makes building dynamic interfaces simple, without leaving the comfort of Laravel.

Livewire adalah full-stack framework untuk laravel yang membuat sebuah interface / antar muka secara dinamis, mudah dan tentu saja masih menggunakan kenyamanan Laravel itu sendiri.

Untuk membangun sebuah website / aplikasi moderen itu sangat sulit, seperti halnya Vue, React itu sangat powefull sekali, akan tetapi itu sangat kompleks sekali dan itu merupakan alur kerja seorang full-stack developer.

Dengan Livewire ini kita bisa membuat sebuah website / aplikasi dengan reactive dan single page application (SPA) dengan mudah tanpa harus melakukannya dengan kerja keras.

untuk tutorial kali ini, ternakcode akan sharing bagaimana cara membuat aplikasi CRUD sederhana menggunakan Livewire versi 2 dan akan menggunakan SPA (Single Page Application).

Step 1 - Install Framework Laravel

sebelum kita mengingstall laravel , pastikan komputer kita sudah terinstall composer, untuk mengecek apakah composer sudah terinstall di Laptop/PC kita bisa menggunakan command prom (CMD) pada windows dan terminal untuk linux dengan mengetikan composer -v maka akan muncul gambar seperti di bawah ini 

cara cek composer di pc/laptop

jika belum muncul seperti di atas , kalain bisa cari di google cara install composer, oke saya anggap pc/laptop kita sudah terinstall karena kita akan menggunakan composer ini untuk menginstall framework laravel.

buka cmd/terminal di pc/laptop kita ketikan seperti di bawah ini 

composer create-project --prefer-dist laravel/laravel namaproject(ex: livewirespa).

tunggu proses installnya sampai selesai , ketika kita menginstall pastikan kita terkoneksi dengan internet karena ketika install kita mendownload laravel.

Step 2 - Running Aplikasi

setelah install selesai, kita bisa mencoba menjalankan aplikasi yang kita buat dengan cara arahkan cmd/terminal kita ke directory project yang kita buat setelah itu ketikan seperti di bawah :
php artisan serve
jika sukses, makan aplikasi web kita dijalankan dengan menggunakan port 8000, bisa di akses menggunakan http://localhost:8000 atau http://127.0.0.1:8000/
maka akan tampil seperti di bawah ini :

Laravel Livewire install




Post a Comment

0 Comments